Senin, 14 Februari 2011

Implementasi Jaringan Komputer Dalam Bidang Bisnis, Mobile Networks, Perbankan, Rumah

Mobile Networks
Implementasi jaringan komputer di bidang mobile networks sudah banyak sekali mengikuti perkembangan jaman yang semakin modern, salah satunya adalah Virtual Private Network atau VPN.
Virtual Private Network atau VPN adalah suatu jaringan pribadi yang dibuat dengan menggunakan jaringan publik, atau dengan kata lain menciptakan suatu WAN yang sebenarnya terpisah baik secara fisikal maupun geografis sehingga secara logikal membentuk satu netwok tunggal, paket data yang mengalir antar site maupun dari user yang melakukan remote akses akan mengalami enkripsi dan authentikasi sehingga menjamin keamanan, integritas dan validitas data. Perlu penerapan teknologi tertentu agar walaupun menggunakan medium yang umum, tetapi traffic (lalu lintas) antar remote-site tidak dapat disadap dengan mudah, juga tidak memungkinkan pihak lain untuk menyusupkan traffic yang tidak semestinya ke dalam remote-site.

Perbankan
implementasi jaringan komputer di dunia perbankan diantaranya : electronic transaction (e-banking) melalui ATM, Internet Banking, phone banking yang dapat digunakan untuk bertansaksi melalui handphone seperti transfer dana, pembayaran online dll, phone banking ini hampir sama seperti Internet Banking bedanya adalah pada alat yang digunakan.

Rumah
Jaringan Komputer yang tersedia di rumah,misalnya pada saat kita sedang menyalakan komputer yang lengkap dengan modemnya kita bisa menyalakan wireless agar laptop/notebook kita bisa terkoneksi dengan internet. koneksi ini tidak berlaku untuk satu laptop/notebook saja melainkan bisa digunakan untuk lebih dari satu laptop asalkan ada sinyalnya yang terdeteksi.

Bisnis
Di dalam dunia bisnis ini, jaringan komputer sangat dapat dirasakan oleh kalangan masyarakat karena dimana proses transaksi dapat berjalan dengan baik dan juga dapat memperluas jangkauan bisnis yang tidak dapat terjangkau oleh dunia nyata. selain itu, juga dapat mempercepat pendistribusian data, informasi untuk pengambilan keputusan, keamaan pun lebih terjamin, seperti penjualan barang secara online (e-commerce). Dapat meningkatkan komunikasi antar employees. Meningkatkan banyak perusahaan untuk melakukan kerjasama/ bisnis secara elektronis antar perusahaan. Dapat meningkatkan kegiatan bisnis perusahaan dengan consumers melalui internet, misal toko buku, airlines, perusahaan music dll.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar